IBX5A5366D0C72C5 5 Gerakan Olahraga Simple untuk di Rumah - Kumpulan Tips Kesehatan Hidup

Header Ads

test

Rabu, 06 Desember 2017

5 Gerakan Olahraga Simple untuk di Rumah

Hello,,,hello,,,hello,,, 

Waktu 24 jam terasa kurang untuk melakukan aktivitas harian. Kesibukan bekerja terkadang membuat kita tak sempat lagi memikirkan diri sendiri, termasuk kesehatan diri. Jangankan memikirkan waktu untuk berolahraga, waktu untuk mengurus rumah tangga atau keluarga saja terkadang kurang. Jika ini terjadi pada Anda sebaiknya waspada. Meski sibuk, menjaga kesehatan tubuh tetap harus dilakukan. Ingat, jika tubuh tidak fit, aktivitas Anda yang lain pun akan terganggu.

Sempatkan waktu berolahraga di tengah kesibukan Anda. Berolahraga tak harus pergi ke fitness center, kok. Ada banyak gerakan olahraga bisa Anda lakukan di rumah. Anda pun dapat memanfaatkan barang-barang di rumah sebagai pengganti alat gym. Berikut beberapa olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Naik-Turun Tangga
Jika rumah Anda memiliki dua lantai, manfaatkan tangga yang ada. Anda bisa bisa menaiki dan menuruni tangga dengan berjalan biasa. Satu kali turun-naik tangga sama dengan satu set. Lakukan selama 60 menit dengan jeda setiap dua set.

Anda juga dapat mencoba gerakan naik-turun satu anak tangga. Satu gerakan naik-turun sama dengan 1 hitungan. Lakukan 10 hitungan dengan tempo sedikit cepat seperti berlari. Lakukan dengan jeda, selama 30 menit. Naik turun tangga selama 60 menit dapat membakar kalori ±200 kalori.

2. Gerakan Duduk-Berdiri
Gerakan ini sangat mudah dilakukan. Anda cukup menyiapkan satu kursi (bisa menggunakan kursi meja makan), lalu duduk tanpa bersandar. Pastikan posisi tubuh tegak dengan tatapan lurus ke depan dan posisi perut ditarik ke dalam.

Lakukan gerakan duduk selama satu detik, lalu berdiri dan duduk kembali. Lakukan terus menerus selama 15 detik sambil mengatur napas. Setelah 15 detik, beri jeda sesaat, lalu ulangi gerakan yang sama selama 15 detik lagi kali ini dengan menahan napas. Lakukan berselang-seling selama 30 menit. Melakukan gerakan ini selama 60 menit dapat membakar ±150 kalori.

3. Wall Sit
Gerakan wall sit dapat melatih otot bagian bawah. Cara melakukannya cukup mudah. Cari area dinding yang kosong. Berdiri tegak membelakangi dinding dengan punggug menempel pada tembok. Lalu, turunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti pada posisi duduk di kursi. Tahan posisi ini sekuatnya hingga Anda merasakan sakit pada bagian paha dan betis. Lakukan dengan jeda selama 60 menit. Melakukan gerakan ini selama 60 menit dapat membakar ±250 kalori.

4. Skipping
Skipping salah satu gerakan yang sangat sederhana. Anda hanya membutuhkan alat sebuah skipping atau tali lompat. Untuk mendapatkan suasana berbeda, Anda dapat melakukan di area pekarangan rumah pagi hari. Lakukan lompatan dengan badan dan kaki tegak lurus. Lakukan skipping selama 60 menit dapat membakar ±550 kalori.

5. Push-up dan Sit up
Push-up dan sit-up merupakan gerakan olahraga paling sering karena relatif mudah dilakukan. Gerakan ini berguna untuk melatih tubuh bagian atas dan kekuatan otot tubuh. Lakukan push-up dan sit-up secara rutin diselingi dengan olahraga kardio seperti lari atau bersepeda. Push-up dan sit-ups elama 60 menit dapat membakar ±260 kalori. (rumah.com)

Semoga bermanfaat :) 

Tidak ada komentar:

Comments System

Disqus Shortname