IBX5A5366D0C72C5 Ternyata, Ini Hal-Hal yang Menyebabkan Timbulnya Kantung Mata - Kumpulan Tips Kesehatan Hidup

Header Ads

test

Senin, 04 Desember 2017

Ternyata, Ini Hal-Hal yang Menyebabkan Timbulnya Kantung Mata

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa wajah terlihat lebih lelah, salah satu tandanya adalah munculnya kantung mata atau lingkaran hitam di sekitar area mata. Selain karena kurang tidur, faktor penuaan dan gaya hidup juga bisa menjadi pemicunya. 

Memang kita tidak mungkin bisa untuk menghapus proses penuaan, tapi beberapa perubahan pada gaya hidup nytanya cukup memperlambat penuaan dan juga mencerahkan kulit tanpa harus menutupi kantung mata dengan concealer. Dikutip dari Kompas, inilah beberapa penyebab timbulnya kantung mata.

Beberapa Penyebab Timbulnya Kantung Mata

1. Siklus Tidur

Faktanya, tidur memiliki peran yang besar pada timbulnya lingkaran hitam di sekitar mata karena pembuluh darah lebih terlihat di sekitar mata yang tipis. Ternyata, bukan hanya kurang tidur saja yang bisa menyebabkan lingkaran hitam, kebanyakan tidur juga bisa menyebabkan timbulnya kantung mata.
“Saat kita tidur, darah yang beroksigen akan berkumpul di bawah mata. Tidur dalam posisi tertentu, misalnya tengkurap, akan memperparah lingkaran hitam karena gravitasi menyebabkan lebih banyak darah berkumpul di bawah mata. Ini juga membuat kantung mata lebih terlihat,” ujar ahli dermatologi Dr. Sonia Batra.

Disamping itu, kurang tidur juga menyebabkan pembuluh darah di bawah mata melebar, sehingga warnanya akan menjadi lebih gelap.

2. Produk Pembersih Make-Up

Tidur dalam kondisi wajah yang bersih dari make up memang sangat dianjurkan, namun cara membersihkannya juga harus tepat dan benar. Menggosok bagian kulit di sekitar mata terlalu sering dan kasar bisa berpotensi merusak pembuluh darah di area yang rapuh tersebut. Akibatnya, lingkaran hitam akan semakin lebih terlihat.

3. Faktor Genetik

Tanpa bermaksud menyalahkan pihak orang tua, tetapi faktor genetik memang berperan penting pada terbentuknya lingkaran hitam dan kantung mata.
“Orang yang kulitnya lebih gelap punya konsentrasi pigmen (melanin) lebih banyak di bawah mata, sehingga akan menyebabkan warna kulit tidak rata atau ada bayangan hitam,” tambah Dr. Batra.

4. Flu

Saat seseorang sedang mengidap penyakit flu, biasanya lingkaran hitam di bawah mata akan semakin lebih terlihat.
“Lingkaran hitam bisa terjadi saat kita sedang sakit, kurang tidur, atau kulit tidak punya cukup waktu untuk memperbaiki diri,” ungkap Dr. Batra
Selain itu, obat-obatan tertentu juga bisa membuat warna kulit di bawah mata tampak lebih gelap.

Semoga bermanfaat buat para kawula muda:) 

Tidak ada komentar:

Comments System

Disqus Shortname