IBX5A5366D0C72C5 Kamu Suka Kerokan? Pikir Ulang Deh. Ternyata Punya Efek MENGERIKAN! - Kumpulan Tips Kesehatan Hidup

Header Ads

test

Jumat, 08 Desember 2017

Kamu Suka Kerokan? Pikir Ulang Deh. Ternyata Punya Efek MENGERIKAN!

Kerokan sering dilakukan untuk mengatasi masuk angin. Namun, seperti dilansir darialternativedaily.com, ternyata metode yang berasal dari Tiongkok atau biasa disebut gua sha ini dapat mendatangkan efek negatif jika dilakukan secara berlebihan.

Metode kerokan dengan menggesekkan uang logam ke permukaan kulit akan meninggalkantanda memar berwarna merah. Warna merah akibat memar tersebut akan hilang dalam 2-3 hari, bergantung pada kesehatan dan daya tahan tubuh seseorang.

Jika ingin melakukan kerokan di leher, sebaiknya perhatikan pernapasan. Sebab, ada sebuah laporan mengenai seorang pasien yang menderita epiglotitis akut atau radang tenggorokan setelah melakukan kerokan.

Meskipun sangat jarang terjadi, peristiwa tersebut bisa saja dialami siapa pun. Jadi, sebelum melakukan kerokan, sebaiknya perhatikan dulu kesehatan tubuh. Kerokan juga dapat mentransfer kuman karena bekas kerokan dapat membuat permukaan kulit menjadi memar.

Selain itu, kerokan membuat pembuluh darah melebar dan terbuka, yang kemudian bisa menyebabkan kulit memar dan pendarahan kecil. Jika terjadi perdarahan, alat yang digunakan untuk kerokan bisamentransfer kuman dan penyakit ke dalam darah.

Tidak ada komentar:

Comments System

Disqus Shortname