IBX5A5366D0C72C5 Sehat dengan Olahraga ala Tentara - Kumpulan Tips Kesehatan Hidup

Header Ads

test

Rabu, 06 Desember 2017

Sehat dengan Olahraga ala Tentara

Hai,,,hai,,,hai,,, 

Siapa yang tidak ingin punya fisik kuat seperti para Tentara Nasional Indonesia? Kondisi prima dan disiplin tinggi yang dimiliki barisan tentara kita ini tentunya hasil dari latihan fisik yang keras setiap harinya. Jarang terdengar mereka mengeluh, meskipun latihan yang mereja jalani sangat berat. Ini sudah menjadi kewajiban TNI sebagai penjaga keamanan negara Indonesia. 

Meskipun kelihatannya berat, tapi ada juga lho, olahraga ala militer yang bisa kita coba dan praktekkan di sekitar rumah. Berikut beberapa latihan olahraga ala militer yang bisa Anda coba di rumah : 

1. Lari 12 Menit 
Berlari adalah olahraga yang paling sederhana. Dengan berlari, kita bisa melatih kemampuan ketahanan dan pernafasan. Saat berlari, kita harus bernafas dengan stabil. Berlari sebaiknya jangan dipaksakan, awali dengan yang ringan, kemudian berlanjut intensif hingga diperoleh jarak yang panjang dalam waktu 12 menit. Siapkan sepatu dan pakaian yang nyaman sebelum berlari dan ingatlah untuk selalu melakukan peregangan terlebih dahulu. 

2. Shuttle Run 
Gerakan berlari diantara dua tonggak berjarak 10m membentuk angka delapan ini merupakan salah satu latihan yang sering dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia untuk menguatkan kaki dan melatih kesigapan. Saat melakukan latihan ini, gunakan sepatu dengan grip yang kuat dan tidak licin agar kaki tidak tergelincir saat melakukan putaran mengelilingi tonggak. 

3. Push up 
Melakukan push up dengan benar akan mengencangkan otot lengan, dada, perut serta membakar kalori. Saat melakukan push up, sebaiknya tidak perlu menggunakan alas. Letakkan tangan di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu. Kaki bertumpu pada ujung jari hingga tubuh lurus sempurna. Turunkan bahu hingga membentuk siku 90 derajat, lalu dorong bahu dan lengan hingga lurus ke depan sambil mengambil nafas. Lakukan secara bertahap dan jangan memaksakan diri ya, bright friends. 

4. Sit up 
Secara sederhana, sit up adalah melipat kedua lutut dan menjejakkannya di lantai saat tubuh pada posisi tidur, lalu punggung diangkat ke depan menuju ke arah lutut. Gerakan sit up sebaiknya dilakukan dengan nafas yang teratur. Pada posisi tidur tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan pada posisi bangun. Fokuskan pada pergerakan otot perut dan bukan jumlah sit up yang Anda lakukan. Melakukan sit up dengan benar akan menguatkan otot perut dan menjauhkan Anda dari osteoporosis. (brighterlife.co.id) 

Yuk kita olahraga, jangan kalah dengan para Tentara Nasional Indonesia kebanggaan kita! :)

Tidak ada komentar:

Comments System

Disqus Shortname