IBX5A5366D0C72C5 7 Cara Periksa Payudara Sendiri untuk Deteksi Dini Kanker Payudara. Lakukan Sebelum Terlambat! - Kumpulan Tips Kesehatan Hidup

Header Ads

test

Rabu, 06 Desember 2017

7 Cara Periksa Payudara Sendiri untuk Deteksi Dini Kanker Payudara. Lakukan Sebelum Terlambat!

Salah satu upaya dalam mencegah kanker payudara adalah dengan memeriksanya. Nggak perlu buru-buru ke dokter, kamu juga bisa memeriksa payudaramu sendiri. Sebaiknya kamu rutin memeriksa payudara minimal sebulan sekali, yaitu pada saat sebelum haid, saat haid, dan setelah haid karena pada ketiga masa itu, hormon di tubuh berubah-ubah.

Periksalah saat tubuhmu dalam kondisi kering dan apa adanya, maksudnya bukan lagi mandi atau udah pakai lotion di kulit. Kemudian lakukan cara berikut ini.

1. Sentuh bagian samping payudara


Cara ini dilakukan dengan berbaring dan letakkan bantal di belakang punggungmu. Angkat tangan kananmu ke arah dahi dan gunakan tangan kiri untuk memeriksa payudara kananmu. Seharusnya payudaramu akan tampak rata dan sejajar dengan dada. Sentuh perlahan bagian sisi payudara kananmu dan rasakan apakah ada benjolan atau terasa sakit. Lakukan pula pada payudara kirimu dengan posisi tangan yang berlawanan.

2. Gerakan melingkar dengan tiga jari

Masih dengan posisi berbaring, gunakan tiga jarimu (bukan hanya ujung-ujung jari aja ya) untuk merasakan jaringan payudara di bagian sisi payudaramu. Letakkan ketiga jarimu di spot-spot tertentu dan lakukan gerakan melingkar yang kecil. Sambil memutar, kamu harus menekan jarimu pada 3 level tertentu: ringan, sedang, dan kuat. Setelah itu ganti ke spot lainnya. Lakukan pula pada payudara kirimu dengan posisi tangan yang berlawanan.

3. Gerakan melingkar di sisi payudara

Nah kalau yang ini gerakan memutar yang lebih besar. Masih dengan posisi berbaring, arahkan ketiga jarimu untuk memijat dengan arah melingkar mulai dari bawah ketiakmu mengikuti garis bra menuju ke bagian dalam payudara hingga ke puting. Bisa juga dengan gerakan naik turun pada payudaramu hingga ke bagian puting. Sambil sesekali ditekan, rasakan apakah kamu merasa ada benjolan atau merasa sakit?

4. Sentuh bagian depan payudara dan puting

Kali ini, letakkan tanganmu sehingga membentuk posisi seperti di gambar, bukan lagi diletakkan pada dahi. Lakukan gerakan melingkar atau naik turun dengan ketiga jarimu pada bagian depan payudara sambil sesekali ditekan. Lalu letakkan tanganmu sehingga menjadi di sisi badanmu dan ulangi gerakannya. Kamu juga bisa memeriksa bagian puting dengan gerakan melingkar tanpa meremasnya. Lakukan pada kedua payudara.

5. Berdiri dengan tangan di sisi badan

Nggak hanya menyentuh, berdiri di depan cermin dan melihatnya pun bisa menjadi awal mula deteksi dini kanker payudara. Letakkan tanganmu di masing-masing sisi badan. Lalu perhatikan bentuk payudaramu. Umumnya memang bentuk payudara nggak identik, jadi normal banget kalau salah satu payudaramu lebih besar. Tapi kamu harus curiga kalau perbedaannya sangat signifikan dan nggak wajar.

Okee... Itulah beberapa cara untuk mencegah kanker payudara dari saya. Jika para kawula muda memiliki beberapa tips lagi, boleh dong di share:) 

Semoga bermanfaat :) 

Tidak ada komentar:

Comments System

Disqus Shortname