IBX5A5366D0C72C5 Manfaat Berolahraga Ringan Selama 30 Menit untuk Kesehatan - Kumpulan Tips Kesehatan Hidup

Header Ads

test

Rabu, 06 Desember 2017

Manfaat Berolahraga Ringan Selama 30 Menit untuk Kesehatan

Hello,,,hello,,,hello,,, 

Bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat, menanamkan kebiasaan berolahraga pada diri sendiri tentu bukanlah hal yang mudah. Namun ternyata, Anda tidak perlu memilih olahraga yang berat dan memakan waktu lama untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar. 

Dikutip dari Boldsky, dengan melakukan latihan fisik selama 30 menit saja, Anda sudah dapat merasakan beberapa manfaat bagi tubuh. 

1. Meningkatkan energi 
Lelah melakukan pekerjaan di rumah dan di kantor? Jika tingkat energi Anda rendah maka setengah jam latihan fisik adalah hal penting yang Anda butuhkan untuk menambah energi pada tubuh Anda. Nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan tubuh akan dipulihkan secara otomatis sehingga meningkatkan energi Anda. Sehingga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan pun meningkat. 

2. Baik untuk jantung 
Bagi Anda yang merasa khawatir dengan berbagai masalah jantung, latihan fisik jangka pendek selama 30 menit bisa melawan semua penyakit terkait jantung. Alasan di balik ini adalah bahwa saat Anda menjadi lebih aktif, kolesterol baik yakni high-density lipoprotein (HDL) mulai meningkat dan trigliserida tidak sehat secara otomatis menurun. Peredaran darah Anda akan mengalir dengan lancar dan terhindar dari penyakit jantung. 

3. Mengurangi stress 
Berolahraga selama 30 menit juga dapat membuat Anda terhindar dari stress. Latihan fisik umumnya meningkatkan kadar bahan kimia pada otak seperti norepinephrine yang membantu mengendalikan dan mengatasi stress sehingga ketegangan secara mental dapat berkurang atau bahkan hilang. 

4. Meningkatkan memori 
Memori dan latihan fisik adalah dua hal yang saling terkait. Semakin banyak Anda berolahraga, maca semakin banyak produksi sel di bagian otak yang disebut hippocampus yang mengendalikan pemikiran dan meningkatkan ingatan Anda. 

5. Mengurangi berat badan 
Bagi mereka yang berjuang untuk menurunkan berat badan latihan fisik selama 30 menit bisa sangat berpengaruh untuk mencapai tujuan penurunan berat badan mereka. Bagi mereka yang berolahraga dalam waktu yang lebih lama tentu akan menguras energy mereka lebih banyak dan membuat mereka mengonsumsi makanan lebih banyak pula. Jadi, penelitian menunjukkan bahwa, mereka yang melakukan olahraga dalam waktu yang tidak terlalu lama (30 menit) dapat memperoleh banyak manfaat terutama dalam menurutnkan berat badan. 

6. Menjaga tingkat tekanan darah
Latihan fisik teratur selama 30 menit dapat membantu Anda mengendalikan tekanan darah. Studi menunjukkan bahwa dengan berolahraga singkat, kemungkinan peningkatan tekanan darah bisa berkurang hingga 29%. Berolahraga di waktu senggang dapat membuat Anda terhindar dari mengonsumsi pil seumur hidup yang biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki tekanan darah yang tidak normal. 

7. Mengurangi risiko diabetes 
Latihan fisik terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga membuat kerja pankreas di tubuh kita jauh lebih mudah. Akibatnya, produksi insulin di sistem kita juga terpelihara dengan baik dan risiko terkena diabetes tipe II akan menurun. (sindonews.com) 

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Comments System

Disqus Shortname