IBX5A5366D0C72C5 Delapan Cara Memotivasi Diri untuk Bisa Olahraga Pagi - Kumpulan Tips Kesehatan Hidup

Header Ads

test

Jumat, 08 Desember 2017

Delapan Cara Memotivasi Diri untuk Bisa Olahraga Pagi

Hai,,,hai,,,hai,,,
Bangun pagi untuk berolahraga atau ke gym kerap jadi tantangan tersendiri. Meski sudah direncanakan sedemikian rupa, dan tahu ada banyak manfaat dari olahraga pagi, yang terjadi kadang bangun meninggalkan tempat tidur sangat berat. Alarm pun kadang dimatikan berkali-kali.

Dilansir dari The Huffington Post, ada beberapa cara untuk memoivasi diri supaya mau beranjak meninggalkan kasur dan berolahraga pagi. Berikut di antaranya:

1. Pilih pakaian yang akan dikenakan pada malam sebelumnya.
Menyiapkan pakaian yang dikenakan mengurangi waktu repot memilih baju pada pagi hari. Ini dianjurkan Sydney Miller, instruktur senior di SoulCycle di New York. "Mengenakan pakaian warna terang atau lainnya membuat saya merasa lebih baik dan selalu membantu ketika ada kelas pagi, jadi persiapkan baju yang disukai dan merasa di skala '10' saat pagi hari," ujarnya.

2. Tidur lebih cepat
Michelle Segar, penulis buku No Sweat: How the Simple Science of Motivation Can Bring You a Lifetime of Fitness mengungkapkan jika ingin bangun pagi untuk berolahraga, maka tubuh butuh istirahat lebih cepat. "Ini sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar atau nantinya pas bangun akan merasa tidak enak sepanjang hari, karena tidur tidak cukup," ujarnya menambahkan.

3. Set dua alarm
"Set dua alam dalam waktu yang berdekatan bunyinya," ujar Miller. Ini bisa diterapkan bagi yang pertam kali berupaya bangun pagi. Dengan memasang alarm kedua, bisa buat jaga-jaga ketika yang pertama tidak 'berfungsi' membangunkan. Untuk lebih memotivasi, alarm di ponsel bisa juga mencantumkan kalimat yang memicu semangat dalam ukuran kapital. Misalkan: "BANGUN! WAKTUNYA BERLARI!"

4. Mainkan musik
Ketika mendengar musik, otak memproduksi dopamine, yang baik untuk hormon positif. Oleh karenanya tak ada salahnya memutar atau memainkan musik beat yang memberi energi untuk segera bangkit dari tempat tidur dan melakukan olahraga.

5. Hidupkan lampu
Lampu atau membuat cahaya masuk ke dalam kamar akan membuuat tubuh bangkit dari tempat tidur. "Ketika alarm tidak berfungsi membangunkan, maka hidupkan lampu," saran Miller. "Semakin lama lampu kamar mati, makin sulit untuk bangkit dan bergerak," ujarnya.

6. Ingatkan diri bahwa olahraga pagi akan membuat mood lebih baik
Miller mengatakan, kelas di pagi hari adalah waktu terbaiknya dan favoritnya berolahraga. "Karena menjadi waktu yang tepat memicu hormon endorfin dan memulai hari dengan positif dan mood terbaik" ujarnya. Memulai hari dengan hal positif akan turut meminimalisir stres atau tekanan di saat bekerja siang hari.

7. Konsumsi buah
Penelitian menyarankan aroma buah seperti jeruk atau anggur dapat memberi dorongan energi, demikian dilaporkan Readers Digest. Barengi dengan sedikit makanaan ringan yang dapat membuat tubuh jadi lebih sedikit berenergi untuk melakukan olahraga.

8. Lakukan gerakan yang disukai
Ini benar-benar tergantung pilihan inidividu masing-masing. Segar menekankan, jika merasa olahraga di pagi hari tidak untukmu, maka mungkin pilih gerakan yang disukai terlebih dulu. Dengan begitu secara perlahan, ketika sudah terbiasa dan merasakan manfaatnya, bisa membuatnya lebih bervariasi. (cnnindonesia.com)

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Comments System

Disqus Shortname