IBX5A5366D0C72C5 Ternyata oh Ternyata, Ini 5 Penyebab Susah Tidur Kamu Di Malam Hari! - Kumpulan Tips Kesehatan Hidup

Header Ads

test

Jumat, 08 Desember 2017

Ternyata oh Ternyata, Ini 5 Penyebab Susah Tidur Kamu Di Malam Hari!

Setelah seharian beraktivitas di luar, tubuh akan merasa lelah. Solusi yang paling tepat adalah beristirahat dan tidur dalam waktu yang cukup. Dengan demikian, tubuh akan terasa segar saat bangun keesokan harinya dan bisa beraktivitas kembali dengan nyaman tanpa merasa kurang atau susah tidur.

Masalahnya adalah mendapatkan tidur yang berkualitas terbilang cukup sulit. Kadang sudah merasa mengantuk dan lelah, tapi tidak kunjung terlelap juga. Jika POPle sering merasakan hal tersebut, coba cari tahu penyebabnya lalu hindari. Kemungkinan besar penyebabnya adalah kebiasaan-kebiasaan buruk berikut.

1. Konsumsi kopi berlebihan

Minuman beraroma kuat ini dapat membuat orang tidak mengantuk. Tidak sedikit orang yang meminumnya di pagi hari dan di sore hari sambil mengunyah camilan. Tanpa disadari, kebiasaan minum kopi yang berlebihan ini membuat orang tetap terjaga di malam hari. Untuk kamu penggemar kopi, sebaiknya kurangi jumlah kopi yang diminum. Cukup minum kopi pada pagi hari, selebihnya ganti dengan teh atau air putih.


2. Olahraga pada malam hari

Kesibukkan dalam urusan rumah tangga atau pekerjaan membuat sebagian orang terpaksa melakukan olahraga pada malam hari. Terdengar baik untuk kesehatan, tapi tahukah kamu kalau organ tubuh jadi terdorong untuk bekerja secara terus-menerus akibat olahraga. Hal itu yang menyebabkan kamu susah tidur sesudahnya. Coba kamu ganti jadwal olahraga menjadi setiap pagi di akhir pekan.

3. Membaca buku sebelum tidur

Masih ingat saat kecil selalu dibacakan dongeng oleh ayah atau ibu sebelum tidur? Hal itu bertujuan agar anak mudah terlelap. Sebaliknya untuk orang dewasa, jika kamu membaca sebelum tidur ada kemungkinan malah jadi susah tidur. Membaca dapat membuat orang lupa waktu dan tanpa disadari sudah tiba waktu untuk bangun beraktivitas kembali. Jika ingin membaca buku sebelum tidur, buat komitmen pada diri sendiri seberapa banyak bagian buku yang boleh kamu baca per malamnya.


4. Main gadget sebelum tidur

Efek main gadget ini bahkan lebih parah daripada membaca buku sebelum tidur. Saat menggunakan gadget untuk main game atau browsing internet, kamu bisa lupa waktu. Apalagi jika layarnya terlalu terang dan kamu memainkannya dalam keadaan lampu dimatikan. Otak akan terangsang untuk bekerja terus karena menganggapnya sebagai siang hari di mana manusia beraktivitas.


5. Sering begadang

Keasyikan nonton pertandingan bola atau mengerjakan tugas membuat kamu terpaksa begadang. Jika terlalu sering begadang, jam biologis kamu akan terganggu. Di malam hari kamu merasa segar, sedangkan di pagi hari merasa ngantuk dan lelah.



Itulah kebiasaan buruk yang tidak disadari dapat membuat POPle susah tidur di malam hari. Yuk, ubah kebiasaan buruk tersebut agar bisa tidur dengan nyenyak!

Tidak ada komentar:

Comments System

Disqus Shortname